Jumat, 29 November 2019

MENGENAL PENYEBAB VITILIGO; GANGGUAN KESEHATAN YANG MENYEBABKAN HILANGNYA PIGMEN KULIT

Penyebab vitiligo – kita semua sepakat bahwa gangguan kesehatan adalah hal yang tidak diinginkan oleh siapapun. Apalagi bila gangguan kesehatan yang kita alami adalah gangguan kesehatan yang mencolok dan dapat mengganggu penampilan secara permanen seperti vitiligo.

Dikutip dari alodokter.com, vitiligo sendiri adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya kehilangan pigmen kulit.

MENGENAL PENYEBAB VITILIGO; GANGGUAN KESEHATAN YANG MENYEBABKAN HILANGNYA PIGMEN KULIT

Kondisi ini menyebabkan kulit penderita terkesan pudar dan kehilangan warna. Pada beberapa kasus, penderita akan mengalami belang di beberapa area tubuh untuk kemudian membesar dan menyebabkan kulit penderita memutih kemerah-merahan.

Vitiligo sendiri tidak hanya menyerang kulit. Penderita vitiligo juga akan mengalami perubahan pigmen warna pada area tubuh lain seperti rambut dan sejenisnya.

Hellodokter.com menjelaskan bahwa gejala awal vitiligo adalah hilangnya pigmen warna pada beberapa area tubuh. Beberapa penderita juga akan mengalami rasa gatal dan nyeri pada area tubuh yang terdampak. Dan yang paling awal, penderita umumnya mengalami nyeri dan ruam manakala kulit terkena sinar matahari langsung.

Gejala-gejala di atas bisa dibilang cukup mencolok dan dapat dikenali dengan mudah. Lantas, bagaimana dengan penyebab dari vitiligo?

Ada beberapa hal yang menyebabkan gangguan kesehatan ini. Beberapa mungkin bisa dikenali dan ditangani untuk mengurangi dampak yang lebih besar. Sedang sisanya adalah bagian dari gejala penyakit serius. Baik, untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan di bawah ini.

MENGENAL PENYEBAB VITILIGO; GANGGUAN KESEHATAN YANG MENCOLOK

Dikutip dari hellosehat.com, vitiligo disebabkan oleh hilangnya sel pewarna (yang memberi warna pada pigmen) atau yang disebut melanosit. Melanosit adalah bagian tubuh yang menghasilakan melanin; pigmen penentu warna rambut.

Diketahui bahwa gangguan kesehatan ini diakibatkan oleh penyakit autoimun; penyakit yang diakibatkan oleh kekeliruan sel imun yang membunuh sel sehat.

MENGENAL FAKTOR PENYEBAB VITILIGO SEBAGAI TINDAKAN PENCEGAHAN DAN PENANGANAN DINI

Secara umum penyebab dari gangguan kesehatan ini adalah seperti yang disampaikan di atas; diakibatkan oleh penyakit autoimun. Tapi, mencegah dan memberi penganan awal penyakit ini tidak hanya dilakukan dengan mengetahui penyebab global, tapi juga faktor resiko dari gangguan kesehatan ini.

Lantas, apa saja faktor resiko dari vitiligo? Faktor resiko dari gangguan kesehatan ini setidaknya ada tiga. Ketiganysa bisa dikenali pula sebagai hal yang menyebabkan vitiligo timbul. Adapun faktor resiko yang dimaksud adalah berikut.

1. Memiliki riwayat keluarga yang juga menderita vitiligo
Jika Anda adalah bagian dari keluarga yang menderita vitiligo ada baiknya Anda menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan vitiligo muncul; seperti membiarkan kulit terpapar matahari langsung atau menggunakan produk kimia berbahaya pada kulit.

Faktor genetik sendiri adalah yang tidak bisa dielakan. Maksudnya, faktor ini adalah yang paling berpengaruh.

Anda bisa saja terkena vitiligo, bahkan pasti terkena vitilogo. Tapi Anda bisa mengurangi resiko yang besar tersebut dengan melakukan tindakan preventif seperti melakukan pola hidup sehat, menjaga sistem imun agar tetap sehat, dan menghindari kulit dari tindakan beresiko.

2. Mengalami autoimun
Ini seperti yang dijelaskan di atas mengenai penyebab vitiligo. Saat Anda mengalami autoimun, Anda berkecenderungan mengidap vitiligo karena penyakit hashimoto dan alopecia areata.

3. Membiarkan hal pemicu
Bisa dibilang ini adalah faktor pendukung. Maksudnya, saat Anda tidak memperhatikan faktor ini, dan membiarkan hal-hal yang ada pada faktor ini begitu saja, Anda memiliki resiko untuk mengalami vitiligo.

Hal pemicu vitiligo sendiri adalah faktor genetik dan automimun. Tapi resiko keduanya akan bertambah manakala Anda membiarkan hal pemicu ini hadir.

Hal pemicu yang dimaksud di sini antara lain;

- Paparan mata hari langsung tanpa sun block;

- Stress yang berlebih;

- Paparan bahan kimia berbahaya;

Pada dasarnya penyebab vitiligo dapat dikenali dan diperhatikan. Mengenali penyebabnya akan menjadi tindakan dini untuk mengurangi resiko dari gangguan kesehatan ini.